25/07/17

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Advertisement
Sumber daya manusia (SDM) merupakan komponen penting dari organisasi. Keberhasilan suatu organisasi biasanya ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki. Untuk itu perlu adanya manajemen terhadap sumber daya manusia tersebut. Secara umum, manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk menggunakan sumber daya manusia yang efektif dan efisien.

Setiap perusahaan memiliki sistem yang digunakan untuk mendukung manajemen sumber daya manusia seperti perekrutan karyawan, evaluasi karyawan, penempatan karyawan dan pengembangan karyawan dengan pengolahan terhada data-data karyawan serta menghasilkan informasi kepada pemakai. Sistem tersebut dikenal dengan sistem informasi sumber daya manusia (SISDM) atau HRIS (Human Resource Information System).

HRIS memiliki enam sumsistem output yang masing-masing memiliki aplikasi tersendiri. Subsistem output tersebut adalah sistem perancangan angkatan kerja, perekrutan, manajemen angkatan kerja, kompensasi, penggajian, dan pelaporan (McLeod, 1995).
sistem SDM 2017

- Perencanaan Angkatan kerja
Sistem perencanaan angkatan kerja digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan sumber daya manusia di masa mendatang. Tanpa adanya perencanaan terhadap sumber daya manusia yang efektif, bisa berdampak buruk bagi organisasi. Organisasi tidak mengetahui kualitas sumber daya manusia yang diperlukan dan gaji yang sesuai dengan kualifikasi kebutuhan organisasi.

- Perekrutan
Sistem perekrutan digunakan untuk menangani aktivitas perekrutan di dalam perusahaan. Perekrutan merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menarik orang-orang dalam kualifikasi yang dibutuhkan organisasi dengan melakukan penyeleksian terhadap orang-orang tersebut. Kemudian, organisasi melakukan evaluasi dengan melakukan penelusuran terhadap pelamar kerja sebelum mereka dipekerjakan.

- Manajemen angkatan kerja
Sistem manajemen angkatan kerja mencakup penilaian kinerja karyawan, pelatihan pengendalian posisi, penempatan, suksesi, dan pendisiplinan karyawan.

- Kompensasi Penggajian
Sistem kompensasi mencakup peningkatan penghargaan terhadap karyawan, gaji, kompensasi eksekutif, insentif bonus, dan kehadiran karywan. Semua modul tersebut beerja sama untuk mendapatkan sumber daya yang berkualitas di dalam organisasi.

- Benefit
Didalam sistem benefit, terdapat modul defined contribution dan defined benifit yang memungkinkan seorang karyawan dapat mengakumulasikan dana pensiunan untuk mencapai standart hidup tertentu. Di dalam sistem benefit, biasanya juga tersedia modul flexible benefit plans yang memungkinkan seorang karyawan dapat menentukan sendiri jumlan benefit yang diinginkan.

Pelaporan
Sistem pelaporan ini bertujuan untuk menghasilkan laporan mengenai kebijakan-kebijakan departemen personalia kepada pemerintah.
HRIS
+ Sistem Perencanaan angkatan kerja + Sistem prekrutan + SIstem pelaporan +Sistem Manajemen angkatan kerja + Sistem kompensasi + sistem benefit.

Demikian artikel dari kami tentang sistem informasi sumber daya manusia.

Sumber: Buku Sistem Informasi Konsep & Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks