22/09/15

Sejarah Jaringan Komputer di Dunia

Advertisement
Sejarah jaringan komputer dunia diawali dengan riset Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), riset ini yang sering dikenali dengan sebutan ARPANET pada tahun 1969 tentang bagaimana cara untuk bisa menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya agar dapat membentuk sebuah jaringan organik. Alhasil, DARPA berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk sebuah jaringan dan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Sejarah Jaringan Komputer
Keberhasilan riset ARPANET juga ditandai dengan berhasilnya sebuah program komunikasi yang saat ini kita kenal dengan nama e-mail pada tahun 1972. Roy Tomlinson adalah sang pencetus program e-mail yang ia ciptakan untuk ARPANET.

Mudahnya penggunaan e-mail ini menjadikannya begitu populer pada masanya. Dan pada tahun 1972 juga ikon @ diklaim sebagai lambang yang begitu penting yang berarti “at” dalam bahasa Indonesia yang artinya “pada”.

Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPAET telah dikenal luas oleh luar Amerika Serikat. Sejarah mencatat, komputer pertama yang menjadi anggota jaringan ARPANET di luar Amerika Serikat adalah komputer University College di London.

Dan pada tahun yang sama dipresentasikanlah sebuah gagasan yang mendasari pemikiran International Network oleh dua orang alhi di bidang komputer yang bernama Vinton Cerf dan Bob Khan di Universitas Sussex.

Hari yang akan selalu diingat sejarah adalah ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Selang setahun kemudian, terbentuklah jaringan yang terdiri lebih dari 100 komputer yang telah bergabung di ARPANET.

Tahun bersejarah berikutnya terjadi pada tahun 1979, dimana tiga orang yakni Jil Ellis, Tom Truscott dan Steve Bellovin, berhasil menciptakan USENET yang merupakan newsgroup pertama di dunia.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1981 France Telecom berhasil menggemparkan dunia dengan meluncurkan telepon televisi pertama di  dunia yang memungkinkan orang dapat menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982 terbentuklah Transmission Control Protocol atau yang sekarang kita kenal dengan TCP dan IP. Hal ini dikarenakan kian banyaknya komputer yang membentuk jaringan, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui oleh seluruh pengguna jaringan.

Sementara itu, bangsa Eropa pun tak mau kalah, maka muncullah sebuah jaringan komputer yang digadang sebagai tandingan jaringan ARPANET yang dikenal dengan EUNET, yang menyediakan jasa jaringan komputer di berbagai negara seperti Swedia, Inggris, Belanda, dan Denmark.

EUNET juga menyediakan jasa newsgroup USENET dan juga e-mail. Kemudian pada tahun 1984 diperkenalkanlah Domain Name System (DNS) yang digunakan untuk menyeragamkan alamat yang ada pada jadingan komputer.

Sejarah mencatat telah terjadi lonjakan jumlah komputer yang bergabung menjadi sebuah jaringan yaitu sebanyak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih yang sebelumnya hanya 1000 lebih pada tahun 1987.

Sejarah Jaringan Komputer Tahun 1988-1994
Selanjutnya sejarah terjadi pada tahun 1988, ketika diperkenalkannya sebuah program komunikasi yang dinamakan dengan Internet Relay Chat (IRC) oleh Oikarinen dari Finlad. Setahun kemudian terjadi ledakan jumlah komputer yang saling membentuk jaringan, lebih dari 100.000 komputer telah membentuk sebuah jaringan pada waktu itu.

Kemudian penemuan Tim Bernes Lee yang disebut www atau World Wide Web adalah program editor dan juga browser yang memungkinkan terjadinya penjelajahan data dari satu komputer ke komputer yang lain telah menjadikan tahun 1990 menjadi tahun yang paling bersejarah, yang melengkapi sebuah sejarah jaringan komputer.

Belum berselang lama, yaitu pada tahun 1992 komputer yang sudah saling tersambung kedalam sebuah bentuk jaringan tidak kurang dari satu juta komputer. Dan di tahun yang serupa kemudian muncullah sebuah istilah surfing yang berarti menjelajah atau berselancar.

Dan pada tahun 1994, tak kurang dari 3000 alamat situs dunia maya saling bermunculan. Di tahun yang sama berdirilah Yahoo, yang sekaligus menjadi sejarah kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Demikianlah sekelumit penjelasan singkat mengenai sejarah perkembangan jaringan komuter di dunia. (Baca juga artikel lainnya:Bagian-bagian Komputer)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks