22/08/15

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Advertisement
Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya – Dalam sebuah jaringan komputer agar dapat bekerja secara optimal maka dibutuhkan sekumpulan komponen yang dinamakan sebagai perangkat jaringan komputer. Perangkat ini sangatlah penting, mengingat perangkat jaringan komputer itu sendiri adalah alat pokok yang harus ada untuk jalannya sebuah jaringan komputer.

Dengan menggunakan perangkat jaringan komputer lengkap, maka sebuah jaringan komputer dapat berfungsi secara optimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer terdiri atas dua hal, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Untuk hardware ada komponen komputer server, komputer client, NIC dan kabel. Sedangkan software memiliki beberapa perangkat seperti sistem operasi jaringan dan driver

 Pada ulasan kali ini akan penulis sajikan kepada anda mengenai pembahasan perangkat jaringan komputer beserta fungsinya. Langsung saja berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Komputer Server – Komputer server dalam sebuah jaringan komputer memiliki fungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer lainnya (client) berupa sistem operasi, aplikasi dan database.

Komputer Client – Komputer client berfungsi untuk mengolah data yang telah diambil sebelumnya dari komputer server. Atau dengan kata lain, komputer client adalah komputer yang menerima layanan dari komputer server.

NIC (Network Interface Cad) – Dalam hal ini, NIC berfungsi untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam sebuah jaringan komputer. Fungsi utama NIC adalah pengirim data, mediator, dan penerima data dari komputer lain.

HUB (Konsentrator) – Berfungsi membagi serta menguatkan sinyal data pada perangkat NIC (Network Interface Card) / kartu jaringan.

Kabel – Kabel berfungsi sebagai penghubung satu komputer dengan komputer lainnya.

Perangkat Lunak Komputer (Software)
Sistem operasi – Berfungsi sebagai pengolah sistem dalam komputer, menjadi pondasi utama untuk menjalankan program-program khusus.

Driver – Program khusus sebagai penghubung yang menjadi satu paket dengan perangkat lain yang akan dipasang. Misalnya, kita akan memasang NIC namun tidak tersedia dalam komputer kita maka dapat menggunakan driver sebagai penghubungnya.

Nah, kedua aspek inilah yang menjadi pondasi terbentuknya sebuah jaringan komputer yang solid dan berfungsi secara baik sesuai apa yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk itu bagi anda yang ingin membuat jaringan komputer untuk perusahaan, misalnya, tentu saja harus memperhatikan betul telah tersedia atau belum perangkat jaringan komputer lengkap.

Demikian yang dapat penulis sampaikan kepada anda mengenai perangkat jaringan komputer lengkap dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan anda di bidang komputer. (Baca juga tentang: Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks